Pelindo Regional 3 Sub Regional Kalimantan Layani LebihDari 40 Ribu Penumpang Pada Periode Mudik Lebaran 2025

Terminal penunpang Trisakti Banjarmasin. (FOTO: Humas Pelindo)
BANJARMASIN, jukung.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 41.793 orang penumpang telah dilayani di Terminal Penumpang sejak H-15 hingga H+15 Lebaran 1446 H.
Seluruh proses pelayanan berjalan lancar berkat sistem kerja yang terintegrasi, dukungan berbagai pihak, serta komitmen Pelindo dalam menghadirkan layanan prima 24 jam nonstop.
Sebagai operator terminal penumpang, Pelindo memastikan seluruh fasilitas terminal dalam kondisi optimal sejak awal masa angkutan Lebaran.
Peningkatan jumlah penumpang yang signifikan telah diantisipasi melalui penambahan personel, penguatan koordinasi dengan stakeholder, serta pembentukan Posko Angkutan Lebaran di lapangan.
Junior Manager Umum dan Humas Suprayogi, menyampaikan apresiasinya atas kerja keras seluruh jajaran dalam menyukseskan penyelenggaraan arus mudik dan balik tahun ini.
“Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik selama 24 jam penuh. Tidak hanya pada hari puncak, tapi juga sejak H-15 hingga H+15. Ini adalah bentuk tanggung jawab kami terhadap keselamatan dan kenyamanan masyarakat,” ujar Suprayogi.
Selama periode tersebut, Pelindo menjalankan layanan terpadu yang melibatkan dukungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Syahbandar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta unsur pemda setempat. Kolaborasi ini terbukti mampu menjaga kelancaran arus penumpang dari dan menuju pelabuhan.
“Sinergi dengan para stakeholder menjadi kunci sukses pelayanan Lebaran tahun ini. Setiap hari ada koordinasi intens, baik di poskoterpadu maupun di lapangan, sehingga potensi gangguan bisa diantisipasi lebih cepat,” tambah Suprayogi.
Pelindo juga menggerakkan seluruh unit kerja internal, termasuk tim operasional, layanan penumpang, keamanan, serta petugas kebersihan dan fasilitas, untuk bersiaga selama masa mudik. Satgas internal Pelindojuga dilibatkan secara aktif dalam memberikan bantuan langsung kepada penumpang, terutama kelompok rentan seperti lansia, anak-anak, dan difabel.
Di Terminal Penumpang Trisakti Banjarmasin, puncak arus terjadi pada H+11 Lebaran dengan pergerakan mencapai lebih dari 2.700 penumpang dalam satu hari. Meski terjadi lonjakan, seluruh pelayanan tetap berjalan lancar berkat skenario pengaturan arus yang telah disiapkan jauh hari.
Dengan semangat “Layanan Prima 24 Jam”, Pelindo terus membuktikan komitmennya dalam menyediakan layanan transportasi laut yang aman, nyaman, dan manusiawi. Pendekatan humanis dan pelayanan aktif di lapangan menjadi pembeda dalam penyelenggaraan arus mudik tahun ini.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam kelancaran arus mudik tahun ini. Semoga pengalaman positif ini dapat terus kami tingkatkan di tahun-tahun mendatang,” tutup Suprayogi.
Setelah arus balik berakhir, Pelindo akan langsung melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pelayanan Arus Mudik Lebaran 2025 sebagai bahan penguatan untuk menghadapi masa angkutan besar lainnya di waktu mendatang.(JID/rilis)