Jalankan Program Pencegahan Terorisme, BNPT Apresiasi Kinerja FKPT Kalsel

 Jalankan Program Pencegahan Terorisme, BNPT Apresiasi Kinerja FKPT Kalsel

Kegiatan monitoring pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme di Kalsel. (FOTO:IST)

 

BANJARBARU, jukung.id – Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Selatan, H Aliansyah Mahadi menyampaikan beberapa program yang telah dilaksanakan kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI.

“Kita ada 5 bidang. 4 bidang telag dilaksanakan dan 1 bidang media akan digelar 29 -31 Oktober nanti,” ujar Didit panggilan Ketua FKPT Kalsel pada saat monitoring pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme di Kalsel di Banjarbaru, Kamis (3/10/2024)

Dijelaskan Didit, FKPT Kalsel tidak hanya melaksanakan program BNPT tetapi juga menggelar kegiatan program dengan Kesbangpol mengenai deradikalisasi ke kampus-kampus, termasuk sosialisasi pencegahan terorisme ke kabupaten/kota.

Disampaikan Didit, kegiatan monitoring BNPT dan FKPT Kalsel dengan tema  ‘Bersama Kita Tingkatkan Kinerja FKPT Kalsel’ dihadiri oleh Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Kolonel (SUS) DR Harianto dan Kasubdit Penelitian, Fauzan.

Dalam monitoring tersebut masing-masing Kabid menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan dan kendala dihadapi, mulai dari jadwal yang berubah hingga soal anggaran kegiatan yang terlambat.

Sementara itu, Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, DR Harianto mengapresiasi kinerja FKPT Kalsel yang tidak hanya melaksanakan program BNPT tetapi juga menggelar berbagai kegiatan sosialisasi terorisme dan radikalisme dengan Kesbangpol, Perguruan Tinggi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para guru agama.

Ia juga menyarankan agar FKPT Kalsel juga bersinergi ke pihak ketiga, seperti BUMD dan perusahaan khusus CRS untuk merangkul komponen bangsa dalam pencegahan terorisme.

Kemudian DR Harianto juga menyampaikan secara gamblang kendala penelitian Indeks Risiko Terorisme (IRT) dan Indeks Potensi Radikalisme (IPR), termasuk juga anggaran kegiatan.

Kegiatan monitoring ini juga dihadiri Sekretaris FKPT Kalsel, DR Masrani Noor, Berdahara, Norhidayah, Kabid Agama, Mukhdiansyah, Kabid Pemuda, M Syaufi, Kabid Perempuan dan Anak, DR Hj Nida Mufidah dan Kabid Media, Zainal Helmie serta para satgas lainya. (JID/rilis)

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.